Program Studi Ilmu Hubungan Internasional

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang disingkat dengan FISIP merupakan fakultas terbaru di lingkungan Universitas Al Azhar Indonesia (UAI). Ide pembukaan fakultas ini muncul dan berkembang sebagai bentuk kepedulian sivitas akademika UAI terhadap persoalan masa depan bangsa dan negara yang tengah dihadapkan oleh multi-krisis. Terutama bersikap pro-aktif terhadap arus reformasi dengan berbagai implikasinya yang terjadi sejak tahun 1998 lalu.

Sungguh disadari bahwa gejolak multidimensional di tingkat nasional tidak saja dilatari oleh faktor internal dalam negeri, melainkan juga dipicu oleh faktor internasional, dan arus globalisasi dunia. Sebuah kondisi di mana interkoneksi yang sifatnya serba lintas bangsa, lintas komunitas, hingga terjadi persilangan kepentingan antar bidang kehidupan seperti ekonomi, politik, budaya, agama, dan sebagainya merupakan realitas masyarakat internasional di mana bangsa dan negara Indonesia menjadi bagian integral di dalamnya.

Program Studi Ilmu Hubungan Internasional FISIP Universitas Al Azhar Indonesia dirancang untuk menyiapkan para pesertanya menghadapi perubahan dan perkembangan yang terjadi di dunia internasional tersebut. Para peserta program studi ilmu hubungan internasional akan dibekali berbagai pengetahuan dan wawasan internasional agar mereka memahami seluk belum masalah dan peluang di dunia internasional bagi kepentingan nasional Indonesia.

VISI

Menjadi Program Studi unggulan dalam menghasilkan sarjana yang berintegritas, profesional dan berwawasan luas di bidang Ilmu Hubungan Internasional berlandaskan nilai-nilai spiritual, moral dan etika Islami

MISI

  1. Mewujudkan amanah tugas pokok dan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bentuk pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang Ilmu Hubungan Internasional yang profesional dan berkualitas berlandaskan nilai-nilai spiritual, moral, dan etika Islami.
  1. Meningkatkan sarana dan prasarana dan sistem administrasi yang berkualitas dan profesional berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Iman dan Taqwa (Imtaq) dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek).

 

Membangun kerjasama kemitraan strategis dengan berbagai lembaga atau institusi lain, baik di dalam maupun di luar negeri bagi penguatan dan profesionalisme lembaga dan sumber daya manusia yang berkualitas.

 

Peluang Karir

Bersesuaian dengan visi, misi, dan tujuan di atas, kompetensi jurusan Ilmu Hubungan Internasional FISIP UAI bercita-cita melahirkan sarjana yang dapat dan mampu berkarya di lingkungan instansi pemerintahan, kantor perwakilan negara asing, lembaga swadaya internasional, berkerja di perusahaan multinasional (transnasional), menjadi tenaga peneliti atau berkiprah di bidang pengembangan ilmu pengetahuan sebagai tenaga dosen/pengajar.