Kelanjutan Kerjasama Universitas Al Azhar Indonesia dengan Universitas Dina Nusantara di Tengah Pandemi

Menjelang akhir tahun ini Pandemi COVID-19 tak kunjung usai, dan setiap sektor diharuskan untuk terus berinovasi demi terciptanya sinergi yang kuat di antar sektor termasuk sektor akademisi. Inovasi di sektor ini membuat Universitas Al Azhar Indonesia menindaklanjuti kerjasama dengan Universitas Dina Nusantara (UNDIRA). Beberapa bulan sebelumnya, telah terlaksana penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi secara virtual diantara kedua universitas pada 16 Juli 2020.

Acara dibuka dengan sambutan dari Rektor Universitas Al Azhar Indonesia Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc dan Rektor Universitas Dina Nusantara Prof. Dr. H Suharyadi M.Sc. Kemudian acara dilanjutkan dengan adanya diskusi bersama Wakil Rektor, Kepala Program Studi hingga dosen antara kedua universitas.

Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc. dalam sambutannya menekankan perlu adanya tiga prioritas utama dalam nota kerjasama universitas ini. Tiga prioritas utama itu antara lain; program kerjasama pertukaran pelajar, peluang implementasi kuliah kerja nyata (KKN) bersama, dan pelaksanaan seminar atau webinar series.

Selain itu, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc. juga menambahkan agar kedepannya kedua kampus ini dapat melakukan riset atau penelitian bersama demi menciptakan sinergi positif secara berkepanjangan. Terakhir, Rektor Universitas Al Azhar Indonesia menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas Dies Natalis ke-1 UNDIRA.

Dalam sambutan balasan, Prof. Dr. H Suharyadi M.Sc. menyambut baik atas adanya kelanjutan dari kerjasama ini. Beliau setuju dengan adanya potensi kerjasama UAI-UNDIRA mengenai pertukaran pelajar, kolaborasi webinar series dan riset bersama. Beliau juga mengharapkan adanya manfaat yang sangat banyak dari adanya pertukaran pelajar saat kelas digital dan terciptanya kerjasama yang baik kedepannya.

Usai sambutan dari kedua Rektor Universitas, para Wakil Rektor, Kepala Program Studi dan dosen-dosen yang hadir langsung mendiskusikan rencana strategis yang akan dilaksanakan berikutnya. Kedepannya akan ada pemberian berkas dan notulensi terkait pelaksanaan kerjasama antar kedua Universitas ini, tentu sangat diharapkan adanya kolaborasi kuat dan semangat perubahan untuk menciptakan Indonesia yang semakin maju.