Keseruan Milad UAI ke-20, Talkshow ‘Mudahnya Hidup Sehat Ala dr. Zaidul Akbar’

Jakarta (16/09) – Setelah menggelar talkshow motivasi belajar untuk memperingati Milad Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) ke-20 pada 15 Agustus 2020 kemarin, kemeriahan acara tak berhenti sampai di situ saja. UAI kembali menggelar talkshow secara virtual bersama dr. Zaidul Akbar dengan tema “Mudahnya Hidup Sehat Ala dr. Zaidul Akbar.” Acara ini diselenggarakan pada Rabu, 16 September 2020 melalui zoom meeting yang dihadiri 139 peserta dari Karyawan dan Dosen UAI.

Rektor UAI, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc., beserta Ketua Umum Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Al Azhar, Drs. H. Sobirin, HS. hadir memberikan sambutan sekaligus membuka acara talkshow kedua ini.

“Tentunya 20 tahun ini banyak kesan, dari belum punya gedung, dulu kuliahnya di SD. Tentunya bapak/ibu punya kesan yang mendalam, kesan yang lebih untuk memajukan kampus ini. Teruslah berusaha dan berdoa memajukan kampus ini. Khususnya para dosen dalam melakukan research,” ucap Rektor UAI saat mengapresiasi dan menyemangati Karyawan dan Dosen UAI.

Pada acara ini, dr. Zaidul Akbar membagikan tips gaya hidup sehat yang terinspirasi dari Nabi Muhammad SAW dan Al Qur’an. Konsep makan yang diatur dalam Al Qur’an ada 3 hal, yakni halal, thayyib, dan tidak berlebihan. Menurutnya, cara terbaik untuk menerapkan hidup sehat ialah menjalankan aturan tersebut disertai dengan rajin berpuasa sebagai cara untuk mendetoks asupan makanan.

Selain itu, hidup sehat juga ditunjang dengan menjaga emosi sebagaimana dijelaskan dalam Al Qur’an bahwasannya penyakit terbagi menjadi penyakit fisik dan penyakit qolbu. Secara ilmiah, marah selama 5 menit bisa menurunkan imun tubuh selama 5 jam ke depan.

“90% penyakit fisik diakibatkan dari penyakit hati, maka berhati-hatilah dengan marahnya kita, berhati-hatilah dengan segala emosi kita yang membuat kita tidak bisa move on dan move up,” ujar dr. Zaidul Akbar.

Selain talkshow, diumumkan pula penghargaan Kedisplinan Kehadiran Pegawai UAI Terbaik sebagai bentuk apresiasi UAI atas kedisiplinan para karyawan selama ini. Terdapat pula pengumuman pemenang Tiktok Education Competition karya Karyawan dan Mahasiswa yang telah diadakan sejak 1 September 2020 silam. Lomba Tiktok ini merupakan video edukatif yang membagikan tips pola hidup sehat, mengaja daya tahan tubuh saat pandemi, hingga produktif di saat pandemi.