Mengenal 5 Lintas Budaya di Festival Budaya Pakubumi Kembang Lestari

Jakarta (03/09) – Sebagai mahasiswa yang mempelajari lintas budaya, mahasiswa Fakultas Ilmu Kebudayaan Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) ingin mengenalkan 5 budaya yang dipelajarinya melalui  penyelengaraan Festival Budaya Pakubumi dengan tema “Kembang Lestari.”

Pakubumi ini memiliki arti tersendiri, yaitu Pagelaran Kesenian dan Kebudayaan Muda Mudi. Festival budaya yang berisi 5 budaya ini, yaitu Arab, Jepang, Inggris, dan Indonesia diadakan secara serentak di Tenda Biru dan Auditoriun Arifin Panigoro UAI.

Dr. Faisal Hendra, M.Ed. menurutkan tujuan dari acara ini, yakni mengembangkan rasa cinta para mahasiswanya terhadap program studi sastranya masing-masing. “Inisiatif untuk melaksanakan kegiatan dengan nuansa 5 budaya akan ditampilkan dalam rangkaian kegiatan seperti teater dan bazar. Semoga kegiatan ini melahirkan cinta yang semakin tinggi kepada prodinya dan berprestasi yang semakin tinggi juga,” tambahnya.

Kekayaan dan keindahan dari 5 budaya ditampilkan dalam rangkaian kegiatan Pakubumi yang mencakup Bazaar, Penampilan 5 Budaya, Asrtspace dari kelima budaya tersebut, Drama, Fashion Show, Workshop, dan Apresiasi Sastra. Tak hanya mahasiswa, Rektor UAI, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc., pun turut merasakan euforia festival budaya ini. Beliau mengunjungi bazaar makanan yang ada di Temda Biru pada Rabu, 03 Oktober 2019 kemarin. Beliau mencicipi berbagai makanan dari kelima budaya tersebut. Melihat hal itu, mahasiswa ikut berkunjung ke bazaar untuk mengenal makanan dari kelima budaya itu. Acara Pakubumi ditutup dengan penampilan-penampilan dari Mahasiswa/i, Dosen dari setiap program studi dan pemberian penghargaan kepada mahasiswa/i yang berprestasi.