Nutrition Webinar dengan Tema Menjaga Pola Hidup Sehat dengan Menerapkan Gizi Seimbang di Era New Normal

Sabtu, 08 Agustus 2020, Himpunan Mahasiswa Gizi Universitas Al Azhar Indonesia (HIMAZI UAI) bekerjasama dengan program studi Gizi Universitas Al Azhar Indonesia mengadakan Seminar Online atau akrab dengan sebutan Webinar dengan nama NUTRIBINAR “Nutrition Webinar” yang mengangkat tema Menjaga Pola Hidup Sehat dengan Menerapkan Gizi Seimbang di Era New Normal.

Acara NUTRIBINAR ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian mahasiswa program studi gizi UAI terhadap masyarakat umum untuk membantu masyarakat agar lebih aware terhadap kesehatan, terutama pemenuhan gizi seimbang apalagi pada era new normal seperti ini. MC yang bertugas yaitu Aulia Latifa Putri yang merupakan mahasiswi sekaligus pengurus badan harian HIMAZI.

Acara dibuka oleh Ketua Program Studi Giz dan ketua panitia nutribinar., “Tema yang disampaikan pada kali ini masih sangat relevan dengan kondisi saat ini walaupun Kondisinya New Normal sudah diterapkan tapi ternyata kasus Covid ini masih terus meningkat, hal ini menjadi perlu bagaimana kita terus mengedukasi masyarakat agar menjaga pola hidup sehat dengan gizi seimbang dan juga bagaimana meningkatkan imunitas” Kata Amalina Ratih Puspa dalam sambutannya, Sabtu (08/08/20).

“Semoga dengan dilaksanakannya acara ini, kita semua dapat sadar akan pentingnya pemenuhan gizi seimbang dikehidupan sehari-hari, khususnya pada saat era new normal seperti ini” kata Muhammad Adnan Sabililhaq yang merupakan Ketua Pelaksana pada Nutribinar, Sabtu (08/08/20).

Moderator pada acara ini adalah dosen gizi Universitas Al Azhar Indonesia. “Penerapan gizi seimbang bagi sebagian orang mungkin masih sangat sulit, di lain sisi sebenarnya zat gizi berperan penting untuk meningkatkan imunitas tubuh kita,. hal ini sebenarnya sangat bermanfaat di tengah pandemi covid 19. kkemudian pemerintah juga melalui Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan panduan khusus untuk gizi seimbangi masa pandemi. Hal ini menjadi gambaran bahwa betapa pentingnya menerapkan gizi seimbang dan meningkatkan imunitas. Hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam menerapkan gizi seimbang dan zat gizi apa saja yang berperan penting dalam meningkatkan” kata Andi Muh Asrul Irawan saat membuka diskusi Nutribinar ini, Sabtu (08/08/20).

Acara NUTRIBINAR ini menggandeng dua narasumber yang sangat luar biasai yaitu Dr. Arif Sabta Aji, S.Gz dan Elma Alfiah, S.Gz., M.Si. Kedua Narasumber tersebut memaparkan materi yang sangat menarik tentang gizi dan imunitas di era new normal ini. Masyarakat Indonesia harus sadar akan kesehatan dengan memerhatikan asupan gizi seimbang saat masa new normal seperti ini, setidaknya konsumsi buah dan sayuran secara cukup, serta menerapkan pola hidup sehat dan aktivitas fisik.

“Sembilan dari sepuluh orang di Indonesia itu kurang mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup, karena mindset yang tertanam di dalam kepala sebagian masyarakat Indonesia adalah sayuran dan buah-buahan itu mahal” Kata Dr. Arif Sabta Aji, S.Gz kala itu (08/08/20).

Selain itu, Pada saat saat seperti ini, kita harus menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh kita dengan cara mengonsumsi vitamin yang cukup. Vitamin dapat diperoleh melalui makanan atau minuman atau suplemen-suplemen yang beredar luas. Nah, justru itu harga Suplemen itu jauh lebih mahal dibanding dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin seperti sayuran dan buah-buahan.

“Pada masa New Normal seperti ini, banyak masyarakat yang yang berlomba-lomba untuk membeli dan mengonsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh. Padahal vitamin bisa kita peroleh melalui makanan dan minuman seperti sayuran dan buah, atau makanan dan minuman kaya vitamin lainnya.” Kata Ibu Elma Alfiah, S.Gz., M.Si Kala itu (08/08/2020)

Nah, untuk memenuhi kebutuhan vitamin-vitamin tersebut, kita dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin seperti Jeruk yang kaya akan Vitamin C dan Wortel yang kaya akan Vitamin A, dan masih banyak sumber makanan-makanan lain yang kaya akan kandungan Vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Pada akhir acara, diberikan sesi tanya jawab yang ditujukan kepada kedua narasumber yang tentunya berkaitan dengan kedua materi yang telah dipaparkan.

Acara NUTRIBINAR ini diikuti oleh 250 participant yang berasal bukan hanya dari Pulau Jawa saja, namun hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki perwakilan untuk hadir di Live Youtube dan Zoom Meeting, serta acara ini telah diputar serentak lebih dari 1.700 kali pemutaran di Youtube Channel HIMAZI UAI. Semoga dengan adanya NUTRIBINAR ini, banyak manfaat yang dirasakan oleh para peserta yang telah bergabung, serta ilmu yang diberikan bisa tersebar luar ke seluruh penjuru negeri, dan dapat mengedukasi masyarakat tentang pentingnya konsumsi gizi seimbang untuk kesehatan.