Pandemi Covid-19 Tak Halangi Kegiatan Pengenalan Mahasiswa Baru

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pandemi Covid-19 nyatanya tidak menghalangi kegiatan pengenalan mahasiswa baru.

Universitas Al Azhar Indonesia menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dan Pelantikan Mahasiswa Baru Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021, secara virtual, Sabtu (5/9/2020).

Rektor Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc. mengatakan apapun disiplin keilmuan yang dipilih terpenting adalah tanggung-jawab moral dan intelektual untuk memajukan bangsa ini.

“Mahasiswa harus menjadi contoh/panutan bagi pemuda dan masyarakat sekitarnya. Saya mengajak mahasiswa UAI harus selalu siap meningkatan kemampuan I3C4, yaitu Immagination, Inisiative, Innovative, Creativity, Collaboration, Communication, dan Competence,” kata Asep yang juga Guru Besar Statistik.

Pada PKKM Akademik 2020/2021 dilaksanakan selama empat hari yaitu di tanggal 31 Agustus – 3 September 2020 secara virtual menggunakan aplikasi Zoom Meeting, diawali dengan penayangan video mengenai PKKMB oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A., serta sambutan oleh Ketua Umum YPI Al Azhar, Drs. H. Sobirin HS.

“Hal ini mengingat bahwa saat ini kita masih dalam masa pandemi Covid-19, sehingga mengharuskan kita untuk bisa beraktivitas di dalam rumah,” tambah Prof Asep.

Pada PKKMB Tahun Akademik 2020/2021 diikuti 1000 mahasiswa baru dengan tema Gen Fast, yang diharapkan mahasiswa baru dapat menanamkan sifat fathonah, amanah, siddiq, dan tabligh seperti Nabi Muhammad SAW.

Kegiatan yang dilakukan selama PKKMB berlangsung ialah berbagai materi terkait Universitas, Entrepreneur di masa Pandemi, Motivasi Belajar, Basic Mentality, The Power Istighfar, bahaya narkoba, dan kegiatan lain.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Hasiolan Eko P Gultom

Sumber
Tribun