Pendidikan di Bulan Rahmadan Prodi Bahasa dan kebudayaan Jepang  FIB-UAI

Ramadhan sudah memasuki hari ke 26 dan segera berakhir,semoga Allah SWT masih mempertemukan kita dengan Ramadhan di tahun- tahun berikutnya . Ramadhan merupakan bulan  paling  istimewa bagi kita kaum muslimin.  Bulan Ramadhan merupakan bulan untuk menempa karakter, dan perilaku kaum muslimin. Siapapun kita selama satu bulan sebagai kaum muslimin  harus  tunduk dan patuh pada ketentuan Allah SWT untuk melakukan ibadah di bulan suci ini dengan segala ketentuanNya  .  Dalam Alquran Surat Al Baqarah ayat 183, Allah SWT memerintahkan kepada orang-orang yang beriman untuk berpuasa di bulan Ramadhan, puasa ini diwajibkan sebagaimana orang-orang sebelum mereka, dengan tujuan agar bertakwa, taat dan patuh pada perintah Allah SWT.

Secara umum  menjalankan ibadah di bulan Ramadhan memiliki arti bulan pendidikan  , mendidik kita kaum muslimin  menjadi manusia yang lebih berkarakter  Islami yang akan terus meningkat  selama menjalankan ibadah di setiap Ramadhan.

Untuk menjadi manusia yang beriman dan berkarakter Islami,  InsyaAllah para mahasiswa di Prodi Bahasa dan kebudayaan Jepang Universitas Al Azhar Indonesia di dalam situasi pandemi ini tetap menjalankan Ibadah di bulan Ramadhan dalam usaha untuk mendapatkan pendidikan pribadi menjadi manusia berkarakter Islami.

Alhamdulillah telah banyak dihasikan lulusan Prodi Bahasa dan Kebudayaan Jepang Universitas Al Azhar Indonesia  mendapatkan pekerjaan baik yang berhubungan dengan kejepangan ataupun dalam bidang pekerjaan yang lain. Prodi Bahasa dan kebudayaan Jepang berkomitmen untuk mendidik mahasiswa yang dapat berpikir kritis dan rasional juga  membuat analisis, dan menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan bahasa Jepang baik lisan ataupun tulisan serta memiliki pengetahuan mengenai latar belakang Kebudayaan Jepang.

Melalui ibadah dan pendidikan di bulan-bulan Ramadan InsyaAllah tentunya juga menjadi penunjang  dalam menghasilkan lulusan sarjana Bahasa dan kebudayaan Jepang yang memiliki karakter dan etika yang  mulia.   (SH )

Universitas Al Azhar Indonesia

Bahasa dan Kebudayaan Jepang