Ramadhan @Home

Marhaban yaa Ramadhan

Ramadhan telah datang, mari kita sambut dengan penuh semangat dan harapan. Semoga kesempatan mulia ini tidak berlalu begitu saja, namun bisa memberikan berkah dan hikmah untuk kita semua. Aamiin.

Ramadhan kali ini terasa berbeda dari tahun – tahun sebelumnya. Saat ini kita dihadapi oleh pandemic yang mengharuskan kita tetap berada dirumah untuk segala aktivitas, termasuk ibadah. Ibadah solat berjamaah baik solat wajib, solat sunnah, ibadah iktikaf, tadarus Al Quran, serta kajian yang biasanya dilakukan bersama di masjid atau di majelis berkumpul, saat ini kurang bisa kita rasakan. Namun yakinlah akan firman Allah SWT dalam Surat Al Insyirah ayat 6 “Sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan”. Allah menakdirkan pandemic Covid19 ini terjadi, sementara teknologi digital saat ini mampu menghubungkan kita meskipun secara virtual. Hal ini perlu kita syukuri dan manfaatkan sebaik mungkin untuk kebaikan.

Dengan kecanggihan teknologi telekomunikasi berbasis seluler, satelit atau fiber optik, dengan kapasitas dan kecepatan transmisi yang handal, saat ini kita mampu berkirim suara, gambar dan video, bukan hanya antara dua orang namun dari dan ke banyak orang, bukan hanya dari rumah ke rumah namun dari negara ke negara yang lain, bukan hanya komunikasi dengan manusia namun juga dengan suatu perangkat sehingga dapat dikendalikan dari jarak jauh.

Saat pandemic ini, berbagai media bisa dimanfaatkan tidak hanya untuk work from home, study form home, namun juga untuk share from home. Kita tetap bisa berbuat dan menebar kebaikan meskipun dari rumah saja, seperti aktivitas kajian dan tadarus bersama melalui video conference untuk saling berbagi ilmu, juga penggalangan dan penyaluran bantuan secara online. Ketika hal ini dilakukan melalui media virtual, justru dapat membuka peluang semakin banyak orang yang terlibat, karena dapat mengakomodasi siapapun, darimana saja. Sehingga kebaikan pun dapat tersebar dan dirasakan oleh lebih banyak orang. Selain itu, silahturahmi juga dapat tetap berjalan melalui berbagai media online, termasuk kegiatan bukber (buka bersama) sampai mungkin untuk menggantikan tradisi mudik di hari raya.

Di bulan istimewa ini, semoga kita dapat meningkatkan hablumminallah karena tentunya lebih banyak kesempatan beribadah di rumah, dan juga dapat hablumminannas dengan memanfaatkan teknologi digital untuk berbagi dan bersilahturahmi. Salah satu hikmah yang dapat kita ambil adalah bahwa dalam kesempitan dan keterbatasan ini, kita diberi kesempatan untuk lebih khusyu’ beribadah serta kemudahan untuk lebih peduli dan berbagi dengan sesama dengan adanya piranti telekomunikasi. Allah mengizinkan kita untuk mempelajari ilmu pengetahuan seluas luasnya dan menghasilkan teknologi secanggih mungkin guna memudahkan hidup manusia, untuk senantiasa bersyukur dan menyadari kebesaran-Nya.

Salah satu fokus program studi Teknik Elektro di Universitas Al Azhar Indonesia adalah pada bidang telekomunikasi dan mekatronika, yakni mempelajari sistem, jaringan, perangkat dan infrastruktur telekomunikasi (wireless dan optic) juga mektronika yang mengarah pada Machine to Machine (M2M) dan Internet of Things (IoT). Harapan kami dapat membangun generasi penerus yang tidak hanya mahir menggunakan teknologi tetapi dapat berinovasi menciptakan teknologi untuk umat.

Universitas Al Azhar Indonesia

Teknik Elektro

Octarina Nur Samijayani

****************
Teknik Elektro
Universitas Al Azhar Indonesia
Line : @uai.teknikelektro
Web : elektro.uai.ac.id
FB : Teknik Elektro UAI
Twitter : @uai.teknikelektro
#teknikelektrouai